2.-Untung-Besar-Cara-Memulai-Bisnis-Impor-Barang-Amerika-ke-Indonesia-2.jpg

Untung Besar! Cara Memulai Bisnis Impor Barang Amerika ke Indonesia

March 17, 2024 Artikel

Impor barang Amerika ke Indonesia bisa menjadi peluang bisnis yang menguntungkan. Terlebih lagi, ada banyak barang impor USA yang hits dan diminati hampir setiap orang di Indonesia mulai dari produk makanan, skincare, manufaktur, pertanian, peternakan hingga minyak dan gas.

Anda bisa memanfaatkannya sebagai ide bisnis yang menjanjikan di tahun ini. Namun, ada beberapa hal yang perlu dipelajari sebelum membuka bisnis impor. Tidak perlu khawatir karena anda bisa melakukan langkah-langkah bisnis impor barang Amerika mulai dari persiapan hingga pengiriman barang bagi pemula seperti berikut.

Tips Memulai Bisnis Impor Barang Amerika

1. Riset Pasar

Hal pertama yang perlu dilakukan yakni dengan melakukan riset pasar untuk mengetahui komoditas impor apa saja yang tengah dibutuhkan masyarakat Indonesia. dalam hal ini, anda perlu memperkirakan berapa besar modal awal yang dibutuhkan untuk mengimpor. Maka dari itu, anda perlu mengetahui setiap barang di dalam daftar impor.

Kemudian, anda bisa mempelajari bagaimana cara membawa impor barang Amerika ke Indonesia. Regulasi impor, survey harga jasa dan pemasaran barang impor juga penting diketahui agar kegiatan bisnis impor barang berjalan dengan lancar dan baik. Anda bisa mulai mempelajari dari sekarang dan catat hal-hal yang dibutuhkan.

2. Pilih Barang Impor

Setelah paham dengan segala hal mengenai impor barang, pilihlah produk impor. Pertimbangkan dengan matang kenapa produk tersebut layak dijual seperti kualitas, peminat, modal dan pemasaran barang. Jika sudah yakin dan siap, carilah supplier produk yang terpercaya dengan menilai pelayanan dan pengalamannya.

3. Siapkan Dokumen

Salah satu bentuk kelengkapan yang perlu dipenuhi importir yakni API atau Angka Pengenal Importir dimana anda perlu mendaftarkan bisnis yang dijalankan di kantor Dirjen Bea dan Cukai. Beberapa persyaratannya yakni KTP, paspor, pas foto pengurus bisnis, NPWP pemilik bisnis, surat keterangan domisili, surat izin usaha perdagangan, akta notaris, tanda daftar perusahaan dan SK pendirian usaha.

Demikian informasi mengenai cara memulai bisnis impor barang Amerika ke Indonesia yang perlu diketahui. Anda perlu mempelajari target pasar dan riset mengenai produk terlebih dahulu. Kemudian, cari supplier yang sekiranya berpengalaman dan terpercaya. Jika sudah yakin, anda bisa memenuhi semua kelengkapan dokumen yang dibutuhkan.

Referensi :

https://flip.id/blog/cara-memulai-bisnis-barang-impor-di-indonesia-potensi-cuan-banget

https://kwikkiangie.ac.id/home/2023/11/23/tips-memulai-bisnis-ekspor-impor-bagi-pemula/