3.-Perhatikan-Hal-hal-Berikut-Sebelum-Impor-Barang-Amerika-ke-Indonesia-2.jpg

Perhatikan Hal-hal Berikut Sebelum Impor Barang Amerika ke Indonesia

March 18, 2024 Artikel

Ingin memulai usaha bisnis tapi bingung? Usaha impor barang Amerika ke Indonesia jawabannya. Kegiatan impor ekspor nasional sudah menjadi industri yang sangat massif sehingga hampir setiap negara di dunia terlibat di dalamnya. Tanpanya, suatu negara akan kesulitan memenuhi kebutuhan.

Maka dari itu, banyak orang terlibat di dunia ekspor impor. Sebelumnya, kegiatan impor barang membutuhkan syarat dan ketentuan yang perlu dipenuhi agar berjalan dengan baik. Tidak hanya itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum impor barang Amerika seperti di bawah ini.

Hal yang Perlu Diperhatikan sebelum Impor Barang Amerika

1. Jenis Barang Impor

Salah satu hal yang perlu dicermati yakni jenis barang impor dengan mengenali HS Code. Kode ini kodifikasi barang impor yang tercantum di Buku Tarif Kepabeanan Indonesia pada tahun 2012. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan seperti menghitung biaya bea masuk, menghindari masalah pengeluaran barang di kantor Bea Cukai, dan aspek perizinan barang.

2. Sistem Penyerahan Barang

Seorang importir memiliki tugas dan tanggung jawab untuk mengurung barang impor. Anda bisa negosiasinya dengan seller. Ada juga biaya dan resiko yang ditanggung importir seperti membeli barang dari New York, importir wajib mengurus barang mulai dari proses pemuatan di kapal, pengangkutan, bayar bea masuk hingga pengeluaran barang dari pelabuhan.

3. Sistem Pembayaran Barang

Ada dua jenis cara transaksi barang impor yang bisa dilakukan yakni non LC dan documentary credit-LC. Sistem non LC berupa Cash in Advance Payment, Documentary Collection dan Open Account. Transaksi ini belum dilakukan oleh importir kepada eksportir sebelum barang dikapalkan. Sementara itu, documentary credit-LC yakni Usance, Sight LC dan Red Clause.

4. Perizinan Impor

Perlu diketahui bahwa perizinan impor terbagi menjadi dua jenis yakni perizinan pokok serta perizinan khusus. Perizinan pokok terdiri dari legalitas perusahaan seperti CV serta PT, API dan NIK. Ada juga perizinan khusus sesuai jenis barang seperti buah dengan izin IP atau IT Hortikultura.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum impor barang Amerika ke Indonesia. Mulai dari jenis barang impor, sistem penyerahan barang, pembayaran barang hingga perizinan impor. Hal ini penting agar kegiatan impor berjalan dengan baik dan barang sampai tujuan sesuai keinginan.

 

https://prezi.com/m4raygmg_7rk/pembayaran-dengan-non-lc/

7 Hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Mengimpor Barang Dari Luar Negeri

Cara Impor Barang dari Luar Negeri Serta Persyaratannya