1.-Mudah-dan-Cepat-Tips-Impor-Barang-Amerika-ke-Indonesia-2-1200x675.jpeg

Mudah dan Cepat! Cara Impor Barang Amerika ke Indonesia

March 17, 2024 Artikel

Akan tetapi, kegiatan impor membutuhkan prosedur serta persyaratan yang perlu dipenuhi oleh pelaku usaha. Dengan begitu, kegiatan impor berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan. Untuk mengetahui bagaimana cara mengimpor barang dari USA, simak penjelasan di bawah ini.

Panduan Impor dari Amerika

1. Kenali Sistem Perdagangan

Sistem perdagangan impor Amerika perlu diketahui karena menunjukkan kapan tanggung jawab serta kewajiban biaya pemasok berakhir. Anda perlu mengenali istilah-istilah khusus seperti CFR, DDP, FOB dan lainnya yang biasa digunakan dalam dunia perdagangan internasional.

Istilah-istilah tersebut berhubungan dengan biaya pengiriman, penyerahan barang serta asuransi sehingga penting dipelajari terlebih dahulu. Anda juga perlu memilih sistem perdagangan sesuai kemampuan dan kebutuhan. Setelah itu, anda bisa memilih jasa pengiriman barang. Tidak lupa juga memperhatikan biaya pengirimannya.

2. Siapkan Dokumen

Siapkan dokumen impor yang dibutuhkan untuk mengurus kepabeanan serta perizinan. Dokumen ini berisi informasi tentang barang, pemasok, pembeli dan transaksi. Dokumen-dokumennya yakni surat izin impor (API), surat pemesanan barang, faktur, surat keterangan asal barang, surat jalan, surat pengangkutan dan surat keterangan lain sesuai jenis barang.

3. Ambil dan Serah Barang

Kemudian, anda bisa memeriksa dan membayar pajak impor di kantor bea cukai sebelum mengambil barang. Setelah barang diambil di tempat penyimpanan sementara, anda bisa menyerahkan barang impor anda kepada penerima baik pelanggan, mitra atau diri sendiri. Pastikan barang sesuai kesepakatan yang dibuat dengan penerima, seperti waktu, tempat dan caranya.

Itulah penjelasan mengenai panduan impor barang Amerika ke Indonesia yang perlu dilakukan sebelum menerima barang. Anda bisa mempelajari apa saja persyaratannya terlebih dahulu dan lengkapi dokumennya. Pastikan membayar pajak impor barang seperti PPN, PPh dan pajak lain sesuai jenis barang, tarif dan ketentuan yang berlaku.

Referensi :

https://indahonline.com/artikel/ini-dia-5-cara-impor-barang-dari-luar-negeri

https://customstradeacademy.id/cta/cara-impor-barang-dari-luar-negeri-serta-persyaratannya/