10.-Pelajari-Syarat-Import-Barang-dari-Amerika-ke-Indonesia-2-1200x500.jpg

Pelajari Syarat Import Barang dari Amerika ke Indonesia

March 27, 2024 Artikel

Import barang dari Amerika memang membawa banyak keuntungan mulai jangkauan pasarnya yang luas, harga kompetitif hingga kualitasnya yang tinggi. Dengan pilihan produk yang beragam, anda bisa memilih di antaranya yang langka, unik dan diminati oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Namun, perlu dicatat bahwa pengiriman barang internasional dikenakan oleh biaya dan peraturan pabean yang wajib dipatuhi. Sangat penting untuk memahami semua persyaratan yang berlaku. Untuk mengetahui apa saja persyaratannya, simak informasi di bawah ini.

Syarat dan Ketentuan Import Produk dari USA

1. Jenis Produk

Tidak semua barang dari Amerika bisa dikirim ke Indonesia. Sebab, ada beberapa barang yang diperbolehkan dan dilarang dikirim. Contoh barang yang diperbolehkan yakni dokumen bersifat pribadi, produk komersial yang tidak melanggar hukum di Indonesia, barang kemasan sesuai peraturan makanan di Indonesia dan obat-obatan yang berizin BPOM dengan resep dokter asli.

Sementara itu, beberapa barang yang dilarang dikirim yakni barang yang melanggar hukum Indonesia, barang yang melanggar hak kekayaan intelektual atau barang palsu, barang berbahaya, barang hewan dan tumbuhan yang dilindungi peraturan CITES. Dalam hal ini, pastikan bahwa barang impor sesuai peraturan berlaku.

2. Dokumen yang Dibutuhkan

Dokumen impor juga penting dipersiapkan seperti faktur komersial, surat pemesanan barang, surat pengangkutan, packing list dan dokumen pendukung lainnya sesuai ketetapan otoritas kepabeanan di Indonesia. dokumen-dokumen tersebut sangat dibutuhkan saat proses pabean untuk menghitung bea masuk serta pajak yang perlu dibayar.

3. Izin Impor

Selain dokumen, syarat impor barang dari Amerika ke Indonesia yakni adanya izin impor dari instansi atau kementerian terkait di Indonesia. Sebelumnya, anda perlu mengetahui apakah barang tersebut membutuhkan izin khusus serta memperoleh izin sebelum melakukan pengiriman. Usahakan izin impor dan dokumen yang dibutuhkan memang sudah siap sesuai ketentuan berlaku.

Impor barang dari Amerika ialah bisnis yang cukup menjanjikan tetapi sangat penting untuk mempelajari syarat dan ketentuannya terlebih dahulu. Mulai dari jenis barang, dokumen, izin impor hingga biaya bea masuk dan pajak-pajak yang perlu dibayarkan. Dengan begitu, bisnis perdagangan internasional yang ditekuni berjalan dengan lancar.

https://indahonline.com/artikel/ini-dia-5-cara-impor-barang-dari-luar-negeri

https://www.sap-express.id/blog/begini-cara-impor-barang-dari-luar-negeri-dan-persyaratannya/

https://arahin.id/hub/page/kirim-barang-dari-amerika-ke-indonesia