7.-Ternyata-Begini-Cara-Menghitung-Bea-Impor-Barang-Luar-Negeri-2-1200x800.jpg

Ternyata Begini Cara Menghitung Bea Impor Barang Luar Negeri

March 26, 2024 Artikel

Seperti yang diketahui bahwa impor ialah kegiatan membeli barang atau jasa negara lain untuk diperdagangkan di dalam negeri. Hal ini melibatkan transaksi pembayaran dengan mengirimkan uang ke luar negeri kepada penyedia barang atau supplier barang. Proses ini tentu dikenakan biaya yang harus dibayarkan untuk produk impor tersebut.

Salah satunya yakni bea masuk yang diberlakukan untuk mencegah kerugian industri dalam negeri yang juga melakukan produksi barang serupa dengan barang impor. Tidak hanya itu, bea masuk juga diterapkan agar kegiatan ekonomi berjalan lancar. Sebagai pebisnis, tentu sangat penting untuk mengetahui cara menghitung bea impor barang luar negeri seperti di bawah ini.

Langkah-langkah Menghitung Bea Impor Produk

1. Pahami Ketentuannya

Ada beberapa ketentuan pajak impor dalam PMK 199/2019 yakni nilai impor kurang dari USD 3 per kiriman atau setara Rp 45.000 (kurs 2023 sekitar Rp 15.000 per dolar AS) merupakan bebas dari bea masuk tetapi dikenakan PPN 11% sesuai UU HPP. Kemudian, jika nilai impor lebih dari USD 3-1500 per kiriman, maka dikenakan bea masuk 7,5% dan PPN 11%.

Sementara itu, nilai impor yang lebih dari USD 1500 per kiriman dikenai baik bea masuk, PPN dan PDRI. Pemerintah telah menetapkan tarif normal bea masuk serta PDRI khusus komoditi tas sebesar 15% – 20%, sepatu 15% – 25% dan garmen dengan PPN 11%. Barang khusus buku ilmu pengetahuan bebas bea masuk, PPn dan PPh 22 impor 0%. Dikenakan juga PPh Pasal 22 bagi impor 7,5% – 10%.

2. Cara Hitung

Cara menghitung bea impor barang luar menggunakan rumus 7,5% x Nilai Pabean. Adapun nilai pabean didapatkan dari rumus (Cost + Insurance + Freight) X Kurs. Setelah jumlah bea masuk diperoleh, hitung nilai impor dengan rumus nilai pabean + bea masuk. Kemudian hitung PPN dengan rumus 10% x nilai impor. Total pungutan yang perlu dibayar yakni BM + PPN.

Itulah cara menghitung bea impor barang luar negeri sampai dengan total pungutan yang perlu dibayarkan. Caranya pun cukup mudah sehingga anda bisa menghitungnya langsung dengan rinci. Tarif ini penting untuk menciptakan perlakuan adil dalam perpajakan antara produk dalam negeri.

https://klikpajak.id/blog/pajak-bea-cukai-2021-menghitung-bea-masuk-dan-pajak-impor-belanja-online/

https://klikpajak.id/blog/pajak-bea-cukai-2021-menghitung-bea-masuk-dan-pajak-impor-belanja-online/

https://bcsurakarta.beacukai.go.id/artikel/cara-menghitung-bea-masuk-dan-pajak-dalam-rangka-impor-barang-kiriman-dari-luar-negeri/