6.-Sukses-Besar-Tips-Melancarkan-Impor-Barang-Amerika-ke-Indonesia-1-1200x767.jpg

Sukses Besar! Tips Melancarkan Impor Barang Amerika ke Indonesia

March 24, 2024 Artikel

Akhir-akhir ini, barang impor tengah diminati oleh masyarakat Indonesia karena kualitas barangnya yang menjanjikan. Sehingga, banyak bisnis grosir barang luar negeri yang dilirik karena potensi keuntungannya yang cukup tinggi. Namun, hal ini tentu membutuhkan prosedur, syarat dan ketentuan yang dipenuhi.

Bagi anda yang ingin memulai bisnis barang impor Amerika, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan mulai dari riset pasar, pengurusan dokumen hingga penyerahan barang. Tidak hanya itu, ada banyak hal lain yang tidak kalah penting diperhatikan agar kegiatan impor barang Amerika lancar seperti berikut.

Tips Melancarkan Impor Produk Amerika

1. Bergabung Komunitas Bisnis Produk Impor

Memperluas jaringan pertemanan dan bisnis bisa dilakukan dengan mengikuti komunitas bisnis khusus impor barang Amerika. Dari sinilah, anda memperoleh pasar dan supplier terpercaya sekaligus. Bahkan, anda juga mengenali produk apa saja yang lagi tren dan diminati publik akhir-akhir ini. Jika mengalami masalah, anda dapat berkonsultasi antar sesama pebisnis.

2. Manfaatkan B2B

Selain menyasar konsumen end user, marketplace juga pemilik bisnis sehingga sangat mudah untuk memperoleh supplier. Kegiatan B2B bisa dilakukan setelah riset produk. Hanya dengan mengetik kata kunci, anda memperoleh rekomendasi supplier. Semakin rajin berselancar di marketplace, anda akan menjumpai banyak penawaran supplier luar negeri.

3. Pesan dalam Berskala Kecil

Jika sekiranya sudah menemukan informasi supplier dan produk yang lengkap, anda bisa mulai memesannya. Namun, pemesanan pertama perlu dicoba dalam skala kecil terlebih dahulu untuk mengenali bagaimana kualitas produk, pelayanan dan proses transaksi. Jika kurang cocok, anda bisa berganti ke supplier lain.

4. Gunakan Asuransi

Asuransi pengiriman mampu memberikan perlindungan tambahan bagi barang yang dikirim. Dalam hal ini, pastikan anda memilih asuransi pengiriman sesuai nilai barang yang dikirim untuk menghindari kerugian yang lebih besar jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang. Anda bisa memastikan bahwa perusahaan supplier menyediakannya.

Agar bisnis impor barang Amerika ke Indonesia berjalan lancar, anda perlu memperhatikan setiap aspek dari prosesnya mulai dari riset pasar, produk, supplier, pemesanan hingga asuransi. Pastikan bahwa asuransi yang ditawarkan perusahaan memang terjamin. Anda bisa mengenali tingkat kepercayaan perusahaan dari ulasan sosial media atau websitenya.

Referensi:

https://arahin.id/hub/post/pengalaman-kirim-barang-ke-amerika

https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/tips-grosir-barang-dan-cari-supplier-luar-negeri-terbaik

https://jangkargroups.co.id/impor-dari-amerika/