9.-Jenis-Forwarder-dengan-Penggunaannya-Pemula-Wajib-Tahu-2-1200x600.jpg

Jenis Forwarder dengan Penggunaannya, Pemula Wajib Tahu

January 24, 2024 Artikel

Jenis Freight Forwarder dengan Sistem Kerjanya

1. International Forwarder

Forwarder internasional tergolong kategori kelas A karena telah dinilai profesional dan mampu mengurus pengiriman hingga ke luar negeri. Jasa ini biasa digunakan para importir serta eksportir. Perusahaan ekspedisi internasional seperti agen travel kargo ini mengurus rincian transportasi penjual dan pembeli internasional.

Jenis jasa importir ini memiliki banyak keunggulan yakni menerbitkan FIATA B/L, memiliki tenaga ahli di bidang pengangkutan barang, menjaring koneksi kerja internasional, sarana dan prasarana memadai, pengalaman mumpuni, dan biaya pengangkutan relatif murah. Terdapat 4 jenis kargo yang digunakan yakni pesawat kargo, kapal kargo, kereta dan truk.

2. Regional Forwarder

Jenis forwarder selanjutnya yakni regional forwarder yang mengurusi pengiriman domestik. Berbeda dengan international forwarder yang memiliki penerbitan FIATA/BL, jenis importir ini masih belum memiliki hak penuh akan penerbitan dokumen tersebut. Kategori forwarder ini termasuk kelas B dan hanya bisa mengirim barang ke tempat-tempat tertentu saja.

3. Jenis Forwarder Local

Forwarder satu ini merupakan kategori paling bawah dari kedua jasa di atas. sebab, jenis ini masih belum dilengkapi agen di luar negeri sehingga hanya mengurusi daerah atau lokal saja. Contohnya, forwarder lokal dari Indonesia hanya bisa mengirimkan barang di wilayah Indonesia saja.

Ada 3 jenis forwarder yang perlu dipelajari dan ketiganya lebih efisien, cepat dan murah daripada pengiriman biasa. Terlebih lagi untuk pengiriman luar negeri dimana pihak forwarder bertanggung jawab mengurus semua dokumennya. Anda bisa menggunakan jasa Indo Forwarder dalam mengirimkan berbagai skala barang ke luar negeri.

Referensi:

https://blog.anderinger.com/blog/what-is-international-freight-forwarding

https://andalin.com/blog/jenis-jenis-bisnis-freight-forwader

http://repository.stei.ac.id/8798/3/BAB%20II%20KAJIAN%20PUSTAKA.pdf

https://www.mte.co.id/jenis-jenis-freight-forwarding/