4.-Apa-Itu-Perusahaan-Impor-Borongan-Kenali-Syarat-Pengirimannya1.jpg

Apa Itu Perusahaan Impor Borongan? Kenali Syarat Pengirimannya

May 21, 2024 Artikel

Impor jasa Amerika ke Indonesia umumnya dinaungi perusahaan-perusahaan impor borongan yang memudahkan pengiriman lebih cepat dengan jumlah banyak. Hanya saja pemerintah sering memperketat adanya aturan-aturan dalam mengimpor barang borongan.

Pengertian Perusahaan Impor Borongan

Perusahaan impor borongan merupakan penyedia jasa yang mengambil barang dari luar negeri menuju dalam negeri dengan menggunakan sistem borongan. Adanya sistem borongan ini dapat mengangkut barang dengan jumlah banyak dalam satu waktu.

Syarat Pengiriman Impor Borongan

1.             Ekspedisi dalam Pengangkutan Barang

Perusahaan impor borongan ini paling banyak menyediakan impor jasa dari Amerika ke Indonesia. Semua pengiriman ini memiliki istilah jasa pengiriman atau ekspedisi yang menaungi segala pengiriman dan pengangkutan barang hingga sampai dalam negeri.

2.             Lolos Bea Cukai

Impor jasa Amerika ke Indonesia dengan sistem borongan tetap harus mengeluarkan biaya sebagai pajak impor. Tidak hanya itu, administrasi bea cukai juga perlu dilengkapi agar barang bisa dikatakan legal dan aman masuk ke dalam negeri. Pada poin ini seluruh barang akan melalui pengecekan dan pengukuran untuk mendapatkan biaya tetap yang akan dibebankan.

3.             Izin Resmi pada Perusahaan dan Ekspedisi

Baik perusahaan maupun ekspedisi yang akan impor barang dari Amerika ke Indonesia, wajib dinyatakan legal dan aman hingga ke tangan importir secara langsung. Perusahaan impor borongan dengan membawa barang penting berjumlah banyak, tentu beresiko jika belum memiliki izin resmi.

4.             Barang Importir Door to Door

Barang impor yang sudah sampai ke dalam negeri biasanya bisa dikirim langsung kepada pelanggan. Istilah door to door ini digunakan untuk jasa ekspedisi yang mengangkut barang langsung dari supplier luar negeri hingga ke dalam negeri sesuai alamat yang tertera. Tidak semua perusahaan menyediakan pengiriman secara door to door, jangan sampai salah pilih.

Perusahaan impor borongan yang menyediakan impor barang dari Amerika ke Indonesia cenderung hemat waktu dan juga efisien. Pengiriman yang sekaligus dengan jumlah banyak atau sistem borongan sangat menguntungkan bagi kedua pihak, tapi tetap perlu diwaspadai terkait semua persyaratan agar tidak ada penahanan maupun kendala lainnya.

https://natindocargo.com/articles/syarat-dan-prosedur-menggunakan-jasa-impor-borongan

https://www.mte.co.id/jasa-import-borongan-dengan-syarat-mudah/

https://ocistok.com/blogs/news/perbedaan-jasa-import-borongan-dan-jasa-import-undername

https://arahin.id/hub/post/jasa-import-borongan