6.-Jasa-Forwarder-Pembelian-Barang-dari-Luar-Negeri-Apa-Itu-1.jpg

Jasa Forwarder Pembelian Barang dari Luar Negeri, Apa Itu?

January 24, 2024 Artikel

Apa Itu Jasa Freight Forwarder?

Freight forwarder adalah jasa pengiriman barang dari luar negeri, yang mana prosesnya menggunakan moda transportasi mulai dari penyimpanan barang dari gudang sampai pengiriman. Biasanya memanfaatkan penggunaan container, jadi barang yang diimpor bisa dalam jumlah banyak dan besar.

Tidak hanya sekadar mengirimkan barang, forwarder ini juga berhubungan dengan pengurusan izin. Karena jasa pengiriman biasanya mempunyai jaringan freight forwarder yang bekerjasama dengan berbagai negara dan tersebar luas. Jadi anda hanya perlu terima beres, sebab pihak jasa pengiriman akan membantu mengurus semua dokumen yang diperlukan untuk proses impor.

Tugas Freight Forwarder

Dari pengertiannya di atas, anda mungkin sudah mendapatkan sedikit gambaran bagaimana tugas dari freight forwarder. Apabila dijabarkan dalam poin-poin, tugas utamanya terdiri atas lima poin. Yaitu memastikan kelengkapan dokumen barang, mengatur packing, penyimpanan gudang, mengatur lalu lintas pengiriman barang sesuai jadwal, dan mengatur angkutan lanjutan hingga barang sampai.

Dilihat dari tugas-tugasnya ini, tentu forwarder berbeda dengan shipping agent ataupun melakukan impor perorangan. Impor perorangan umumnya dilakukan untuk konsumsi pribadi dengan jumlah barang sedikit. Anda harus membuat legalitas usaha terlebih dahulu apabila ingin impor perorangan dalam jumlah banyak.

Sementara itu, agent shipping hanya menyediakan jasa port to port atau dengan kata lain mengangkat kargo antar pelabuhan. Di lain sisi, freight forwarder menyediakan layanan door to door. Itu berarti anda bisa memesan dalam jumlah banyak dan barang dapat diantarkan ke alamat tujuan.

Demikian penjelasan singkat mengenai jasa forwarder, sehingga layanan ini dapat menjadi solusi bagi anda yang ingin belanja barang impor dari luar negeri. Sebagai pilihan, ada jasa Indo Forwarder yang siap membantu pengiriman barang dari berbagai negara ke Indonesia. Anda bisa dengan mudah belanja di situs luar negeri seperti Amazon, eBay, Walmart, Taobao, dan lain-lain.

Referensi:

https://www.bhinneka.com/blog/pengertian-freight-forwarder-tugas-freight-forwarder/

https://www.mte.co.id/forwarder-vs-shipping-agent/

https://blueraycargo.id/article/2022/04/24/impor-perorangan-vs-impor-forwader/