1.-Apa-itu-importir-Kenali-jasanya-agar-transaksi-lebih-nyaman-dan-aman-1-1200x595.jpg

Apa Itu Importir? Mengenal mereka di balik transaksi internasional

January 24, 2024 Artikel

Pengertian importir

Jika merujuk pada KBBI, maka arti dari importir adalah pelaku atau serikat dagang baik itu berupa perusahaan atau organisasi yang akan memasukkan barang dari luar negeri. Mereka juga disebut dengan pengimpor. Namun importir umumnya menjadi sebutan untuk pihak atau seseorang yang melakukan kegiatan tersebut.

Biasanya, tindakan importir ini menjadi bagian yang penting dalam perdagangan internasional pada suatu negara. Namun tujuannya tidak hanya untuk mendapatkan barang, bisa juga untuk menambah ketersediaan bahan baku, teknologi, produksi, hingga barang jual beli.

Apa itu importir juga bisa dijelaskan dalam bentuk badan hukum, seseorang, atau perusahaan, yang melakukan kegiatan impor untuk aktivitas ekonomi di pasar domestik. Semua ini tersampaikan sesuai dengan UU nomor 17 tahun 2006 mengenai impor yang merupakan kegiatan memasukkan barang dalam daerah Pabean (Republik Indonesia).

5 jenis importir

Sebelum menggunakan jasa importir, kenali juga jenisnya. Setidaknya ada lima jenis yang tersedia atau dijadikan acuan. Yang pertama adalah perorangan, biasanya menggunakan marketplace. Importir umum berbentuk perusahaan yang menjalankan impor beragam barang dagang baik pemerintah atau perseroan Niaga.

Ada juga jenis sole agent importer, yakni perusahaan asing yang melakukan proses jual beli hasil produksi untuk masuk ke Indonesia. Import merchant biasanya adalah badan usaha dengan izin negara tujuan dengan list bahan khusus. Dan yang terakhir adalah importir terbatas, yakni bertugas khusus untuk impor barang sesuai kebutuhan usaha.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu importir yang kerap muncul saat berbicara aktivitas jual beli dari luar negeri. Saat ini proses import sudah cukup mudah, terutama dengan bantuan marketplace seperti Amazon dari Amerika Serikat. Bahkan jasa importir pun sudah tersedia, seperti contohnya indoforwarder.

Referensi :

https://katadata.co.id/intan/lifestyle/63aaae8f0cc67/cara-belanja-di-amazon-lewat-website-dan-aplikasi

https://kumparan.com/berita-bisnis/cara-beli-barang-dari-luar-negeri-dengan-mudah-20rmzwG8uCg/full